26 Februari 2010

Apakah MLM adalah penipuan, illegal, tak bermoral..?

Multi-level marketing adalah jalur alternatif bagi perusahaan untuk mendistribusikan produk dan jasanya ke pasaran (jalur distribusi yang lain termasuk supermarket, toko retail, door to door sales dan lain-lain).

Mengapa perusahaan memilih MLM untuk mendistribusikan produknya?

Ada beberapa alasan :

1. Biaya overhead yang rendah
Tidak seperti perusahaan retail, perusahaan MLM tidak perlu mengalokasikan dana yang besar dalam advertising untuk menarik customer. Sebagai penggantinya, dana dialihkan untuk memberikan komisi bagi distributor untuk memasarkan produk ke customer. Selain itu, perusahaan hanya perlu memberikan komisi bagi distributor berdasarkan hasil, yaitu dari persentasi dari produk yang terjual.

2. Biaya overhead distribusi yang rendah
Typical distribusi melalui retail menggunakan serangkaian regional, negara, kota, dan retailer lokal untuk mendistribusikan barang-barang. Masing-masing perlu mendapatkan keuntungan dan melakukan mark up harga dari barang.

Jalur distribusi non MLM
manufacturer –> transporter –> wholesaler –> retailer –> advertisers –> customers

Jalur distribusi MLM
manufacturer –> representative –> customer

3. Tingkat pertumbuhan yang tinggi
Perusahaan MLM yang diatur dengan baik bisa berkembang dengan tingkat pertumbuhan 20%, 50%, bahkan 100% tiap bulan

 4. Tim sales dan marketing yang termotivasi.
Ada banyak sekali produk yang membanjiri pasaran. Dibutuhkan dana marketing yang besar untuk bisa memperoleh tempat di customer. Selain itu banyak produk yang membutuhkan penjelasan yang rinci dibandingkan dengan yang dapat dilakukan di iklan TV selama 30 detik.

Bagi perorangan, MLM bisa memberikan kesempatan untuk mempunyai sumber penghasilan tambahan yang jika disertai dengan kerja keras, bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup significant.

Bagaimana Caranya?
MLM adalah tentang “banyak orang melakukan bagiannya masing-masing yang sedikit”. Dalam MLM, Anda tidak hanya mendapatkan komisi dari hasil penjualan Anda secara langsung namun juga secara tidak langsung. Anda mendapatkan juga komisi dari hasil penjualan orang yang Anda bawa ke perusahaan dan juga dari hasil orang yang orang tadi bawa, dan juga dari hasil penjualan dari orang terakhir yang dia bawa.

Dengan mendapatkan persentasi hasil dari banyak orang, penghasilan Anda akan berkembang sampai hasil yang sangat besar.

Jika Anda mendapatkan 5 orang yang serius mengembangkan bisnis dan masing-masing mempunyai hasil penjualan $100 per orang dengan komisi 5%, penghasilan Anda adalah seperti berikut :

Level - #people - $volume - $bonuses
1. 5 - 500 - 25
2. 25 - 2500 - 125
3. 125 - 12500 - 625
4. 625 - 62500 - 3125
5. 3125 - 312500 - 15625
6. 15625 - 1562500 - 78125
7. 78125 - 7812500 – 390625

Jadi, jika tiap orang bisa mendapatkan 5 orang, Anda bisa mendapatkan $500,000 per bulan. WOW, mari kita semua bekerja dan menjadi kaya!

Tapi tunggu dulu. Tidak sesederhana itu.

Membutuhkan usaha dan waktu untuk membangun grup dalam perusahaan MLM. Anda pun tidak bisa bekerja sendirian. Anda tidak bisa merekrut 90.000 orang seorang diri. Tiap orang harus mencari 5 atas usaha sendiri dan tidak semua orang mau bekerja untuk mendapatkan 5 orang itu.

Bisa dibilang jarang ada orang yang akan membangun group ideal seperti ini. Beberapa kaki di struktur downline akan tumbuh lebih cepat dari yang lain. Beberapa kaki akan tumbuh dengan lebih lambat. Jika Anda tidak bekerja, Anda tidak akan pernah memulai satu pun kaki yang akan tumbuh sesuai dengan yang Anda inginkan.

Itulah konsepnya. Banyak orang mengerjakan bagiannya yang kecil dan Anda mendapatkan bagian dari setiap orang. Jika Anda mempunyai inisiatif dan etos kerja untuk membangun group tersebut, Anda bisa mendapatkan income yang cukup significant bahkan bisa menjadi kaya.

Yang perlu digarisbawahi adalah MLM bukanlah cara cepat untuk menjadi kaya. Diperlukan KERJA keras dan kebanyakan orang tidak mau mengerjakan hal-hal yang diperlukan. Kebanyakan orang tidak akan pernah menjadi kaya, hanya beberapa saja yang akan berhasil. Walaupun demikian, selama Anda memilih perusahaan yang benar dengan produk dan jasa yang baik, tingkat keberhasilan Anda sepenuhnya tergantung pada Anda.

Apakah MLM adalah penipuan, illegal, tak bermoral?

Ini adalah bagian terbesar dari argumentasi, ketidaksetujuan dan tuduhan yang tidak berdasar tentang MLM. Tidak sedikit yang beranggapan MLM adalah tidak etis dan tidak bermoral. Walaupun demikian secara hukum, MLM dianggap legal, tidak menyalahi aturan moral.

Sebenarnya MLM tidak bisa dikatakan dari sananya baik atau buruk seperti halnya orang memandang sistem bisnis biasa. Bisnis biasa (dunia korporat) bisa dijalankan secara baik dan bisa dijalankan dengan buruk. MLM juga demikian. Ada yg dijalankan dengan baik dan ada juga yang dijalankan dengan buruk. Jadi baik dan buruknya MLM tergantung bagaimana perusahaan didesain dan dijalankan oleh tim manajemen dan tim pemasar di lapangan.

Memang harus diakui ada juga perusahaan MLM yang tidak lebih dari sekadar penipuan, cara cepat menjadi kaya untuk pemilik dan segelintir kroninya. Beberapa di antaranya berusaha memanipulasi hukum dan menghindar dari hukum. Ada juga perusahaan MLM yang mempunyai produk yg sah secara hukum dan sudah berkecimpung dalam bisnis selama beberapa tahun tapi dijalankan secara salah, sedemikian sehingga banyak orang yang menjadi korban. Contoh, orang lanjut usia yangmenginvestasikan uang pensiun untuk membeli barang-barang yang memenuhi garasinya dan seterusnya. Banyak orang tentunya setuju bahwa perusahaan ini, setidaknya distributor yg menjalankan praktek-praktek tidak bertanggung-jawab, sama sekali tidaklah etis.

Sebenarnya ada banyak perusahaan yang dijalankan dengan sah, legal, dan etis. Perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai produk-produk yang baik, bermanfaat bagi pelanggan dan memberikan banyak orang peluang untuk memperbaiki kondisi keuangannya.

Kubu Anti MLM sering menyatakan bahwa perusahaan MLM dan distributornya hanya menjual fantasi tidak realistis mengenai potensi penghasilan yang dapat diperoleh kepada prospek, yg pada kenyataannya hanya menggemukkan penghasilan upline. Pandangan ini bisa dimengerti namun mengabaikan satu hal penting yaitu bahwa setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk membangun group atau timnya sendiri seperti halnya uplinenya. Upline sudah bekerja keras, mungkin selama bertahun-tahun, untuk membangun downline yang sekarang memberikan hasilnya bagi upline tersebut. Orang baru mungkin sudah investasikan hanya beberapa ratus dollar dan beberapa jam saja perharinya. Setiap orang memulai dari tempat yang sama, DI DASAR, dan setiap orang punya kesempatan yang SAMA untuk membangun downlinenya sendiri.

Teori Saturasi

Satu-satunya pengecualian mungkin teori saturasi (jenuh). Dalam kasus ini, perusahaan sudah berkembang sedemikian rupa sehingga banyak orang dari distributor aktif yang tertarik untuk merekrut orang baru, sudah bergabung (ini tidak berarti SEMUA orang sudah direkrut). Orang baru akan lebih sulit mencari prospek baru dibandingkan upline yang telah melakukannya beberapa tahun yang lalu. Orang baru ini punya beberapa pilihan bergabung dengan perusahaan yang sudah mapan walaupun sudah mendekati jenuh, pilih perusahaan lain yang tidak punya masalah saturasi, atau menyerah.

Walaupun demikian, orang baru yang bergabung dengan perusahaan yang mapan, akan memiliki banyak alat bantu dan sistem support daripada orang lama yang bergabung di perusahaan tersebut sejak lama. Mungkin juga ada lebih banyak produk, lebih banyak literatur, dan lain-lain. Walaupun orang lama yang bergabung lebih mempunyai pasar yang besar, mereka juga mempunyai fasilitas yang terbatas. Jadi ada kelebihan dan kekurangannya bagi orang yang bergabung duluan dan bergabung belakangan.

Dalam kenyatannya, saturasi ini jarang menjadi masalah. Hanya ada sedikit kasus di mana market benar-benar jadi jenuh. Mungkin saja akan lebih sulit untuk mencari orang baru dalam perusahaan yang besar tapi TIDAK ADA perusahaan dalam sejarah MLM yang berkembang sangat pesat sehingga menghabiskan potensi pasarnya. Lebih banyak orang yang memasuki usia 18 tahun di dunia ini daripada jumlah orang yang bergabung ke semua perusahaan MLM yang ada. Sampai sejauh ini, pertumbuhan MLM belum bisa menyamai pertumbuhan populasi manusia.

Jadi, MLM bisa dikerjakan secara sah, bermoral, tapi MLM bisa juga dijalankan secara tidak etis dan tidak legal.

Apakah merekrut itu salah dibandingkan dengan menjual produk?
Ini adalah pendapat umum mengenai MLM. Di satu sisi, pendapat ini benar. Jika tujuan utama di balik MLM adalah untuk merekrut orang, yaitu jika uang pembayaran waktu bergabung, adalah satu-satunya sumber pembayar bonus, maka tentu saja kegiatan MLM ini tidak benar.

Kubu Anti MLM berpendapat bahwa tujuan utama MLM adalah untuk merekrut orang baru, bukan untuk menjual barang. Yang tidak mereka mengerti adalah MENDAFTARKAN ORANG BARU ADALAH CARA ANDA MENJUAL PRODUK DI MLM. Di samping itu, Anda tetap bisa memperoleh penghasilan walaupun hanya jadi pengecer produk dan jasa yang dijual.

Jika Anda fokus hanya di penjualan, ini bukan MLM, hanya jualan cara biasa. MLM bekerja berdasarkan proses yang berbeda dari sales biasa. Bukannya mencari beberapa orang untuk menjual dalam volume besar sekaligus, Anda mencari banyak orang dan masing-masing menjual dalam volume sedikit (karena tiap orang menjual dalam jumlah kecil, pengunaan pribadi oleh tiap distributor menyumbang peranan penting dari total volume penjualan). Merekrut orang baru dan membangun downline adalah caranya Anda mencari orang-orang yang masing-masing mengerjakan bagiannya dalam proses penjualan. (Perhatikan : SETIAP orang melakukan kontribusi dari total penjualan. BUKAN HANYA orang yang bergabung belakangan. Kontribusi Anda bagi Upline secara perorangan hanya beberapa sampai puluhan dollar). Produk berpindah dari perusahaan ke customer atau distributor. Itulah sumber penghasilan dari MLM yang benar. Hanya cara pendistribusiannya yang berbeda.

MLM bekerja dalam hal yang berbeda dengan cara biasa, walaupun berbeda, hal itu tidak menjadikannya illegal atau amoral atau salah. Hanya caranya saja yang BERBEDA. Seperti halnya franchise berbeda dari retail biasa (franchise pernah dianggap sebagai bentuk penipuan). Franchise bukanlah penipuan, hanya satu bentuk dalam bisnis. Mengacu ke analogi yang sama, MLM berbeda dari retail yang biasa dan franchising, tapi bisa menjadi bentuk efektif dalam melakukan bisnis.

sumber: http://blog.supexteam.com

dan saya kak roni SALAM SUKSES LUAR BIASA CERDAS
Share:

36 komentar:

  1. saya pernah terjerumus dalam suatu MLM.
    Salah satu leader MLM yang sudah besarnamamnya membawa MLM baru..,dengan iming2 hadiah yang begitu memukau sehingga membuat downline mengikuti jejaknya, memang kesuksesan berhasil dicapainya tapi apa yg di dapat downline...??setelah upline berhasil dia kembali membawa MLM lain begitu seteruysnya.
    berhati-hatilah dengan type leader semacam kutu loncat ini yang hanya mengambil keuntungan sepihak tanpa memikirkan downlinenya.
    di balik jas dan dasinya tersimpan kebusukan dalam hatinya.
    waspadalah terhadapa orang yang pandai berbicara menawarkan MLM jangan mudah terhasut kenali dulu latar belakng orang tsb.
    Perusahaan MLM benar memakai sisitemya tapi orang oran yg kurang jujur memanfaatkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus seperti ini memang sering terjadi mas. Lucunya orang-orang justru menyalahkan perusahaan, padahal perusahaan sama sekali tidak salah. Yang salah adalah si upline tadi yang memanfaatkan perusahaan untuk hal buruk.

      Hapus
  2. belum pernah ikut kak
    saya gak opaham juga yg seperti ini

    BalasHapus
  3. kalo kutu loncat artinya bukan leader

    BalasHapus
  4. info yg bermanfaat, copas dulu, sewaktu2 dibutuhkan langsung dipraktekin, thx bos, salam kenal.

    BalasHapus
  5. Saya masih bingun mengenai hukum MLM dalam Islam, karena itu sampai sekarang belum berani melangkah ke sana, kalo punya referensi yang sangat meyakinkan tolong beritahu ya...

    komen balik plis..

    HOSTING MURAH!!! 200MB hanya 65rb/tahun!!!

    BalasHapus
  6. wah mlm ya? saya masih bingung hukum mlm dalam islam. Jadi belum berani kesana, kalau punya info yang bisa membantu tolong kabarin ya ...

    komen balik pliss...

    HOSTING MURAH!!! 200MB hanya 65rb/tahun!!!!

    BalasHapus
  7. saya setuju dengan isi artikel. Sangat perlu meneliti sistem MLM yang akan diikuti. Sistem MLM adalah salah satu jenis pemasaran yang dianggap efektif karena mengusung kepercayaan namun yang diutamakan haruslah kualitas produk yang dijual.

    BalasHapus
  8. MLM adalah salah satu alternatif bagi yg mau berbisnis dg modal kecil...

    BalasHapus
  9. Dulu aku jg pernah diajakkin MLM, tp, krn masih sekolah . . .jd ngga jalan deh , , , tp klo masalah haram halal, setahuku halal deh

    BalasHapus
  10. E-lifestyleandbusiness.com5 Juni 2010 pukul 14.14

    wah MLM.... hmm dulu aku pernah MLM scr offline..

    n mau melakukannya lagi secara online.. maklum mau Build The Big Online Business...

    lumayan lho Profit , coba build aja sapa tw get The Big Profit ^^

    BalasHapus
  11. TANAH AMAN DAN TENANG , 15 mnt Tol bogor, 10 mnt Botani square,10 mnt Kebon Raya bogor. Lokasi CLUSTER BAYU BNR DIJUAL SESUAI HARGA NJOP LUAS 180 HRG 310 JT, ADA JUGA LUAS 225 , 426 M2 ..KEAMANAN 24 JAM . SERTIFIKAT LENGKAP..sangat bgs buat investasi



    Data Properti
    Luas Tanah : 180 m²
    Panjang : 15 m
    Lebar : 12 m
    Sertifikat : HGB - Hak Guna Bangunan
    Menghadap : Selatan
    IMB : Belum Ada

    BalasHapus
  12. buka aja situs pengusaha muslim.com
    search aja mlm di situ, ada banyak penjelasan mengenai mlm

    BalasHapus
  13. Semua memang benar kang Roni, hampir semua orang pingin kaya, cuma mungkin beda beda cara. saya sendiri dulu orang yang anti MLM, tapi saat ini saya mendapatkan penghasilan terbesar dari MLM, karena MLM yang saya kerjakan luar biasa dan bisa di bilang inilah MLM, scr sistem sama tapi beda visi dan misi, MLM yang saya kerjakan modal hanya se x seumur hidup, omzet di bayar perhari, tanpa tutup point dan peringkat, sudah dapat sertifikasi fatmwa MUI dan Majelis Rosululloh di Jakarta, terimakasih atas uraiannya, salam sukses selalu

    BalasHapus
  14. Muklish : Salam sukses ya....
    semoga bisnisnya tetap jalan

    BalasHapus
  15. mlm secara tidak langsung menghipnotis para pengikut .. ber hati - hati lah , karena sudah banyak korban ..

    BalasHapus
  16. penjelasan yang sangat bermanfaat, mengubah pandangan negatif MLM menjadi positif. penjelasannya sangat baik. saya sendiri sebagai pelaku MLM kagum dengan uraian di atas, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  17. Ada satu MLM di wilayah Sudirman Jakarta, di sebuah gedung perkantoran, dengan inisial produk LB, hati-hati dengan upline2 dg inisial LT dan DAS atau DS. Sama saja seperti praktek bisnis MLM lainnya, janji manis, kemudian semua bullshit, omong kosong. Anda terjebak dan uang tidak akan pernah kembali.

    BalasHapus
  18. banyak dari orang di skitarq jadi korban MLM menurut saya sseorang yg ikut suatu MLM pikirannya semakin Irasional karena iming2 yg di janjikan,,,, .gak malah kaya,mereka yg jdi korban MLM melainkan tambah irasional..

    BalasHapus
  19. sukses sesorang, di bisnis apa pun, tergantung secara personal oleh orang itu sendiri. jadi memang harus pinter2 memilih brand dari produk MLM yang sekian banyaknya. Jika gagal dalam bisnis MLM, jangan salahkan sistem MLM itu sendiri, tp koreksi diri sendiri. Sudah benarkah pilihan Anda dan bgmna Anda menjalani (serius/tdk)? Saya yakin, masing2 MLM memiliki kebijaksanaan masing2 dalam mengatur sistemnya. Sebelum memilih, ada baiknya lihat dulu dan harus terbukti, misal : sudah brp banyak yg sukses dan ada produk yg dijual. Bisa cek juga MLM yg menjadi anggota APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia). MLM cuma jual mimpi? TIDAK donk, klo mau usaha InsyaAllah ada hasil. Tidak hanya sekedar jual produk, tapi harus pinter mengembangkan jaringan. That's the point,,,salam sukses semua ^^

    BalasHapus
  20. Hei para komentator sebelum saya...!!
    saya mau mnympaikan bhwasanya semua MLM itu bagus dan benar,,tp yg jd prtnyaan'y adalah :
    "Apakah MLM yg anda pilih itu Layak dikerjakan atau tidak???"
    saya stuju dg Org yg brpkir positif ttg MLM, "jgn mnylahkan sistem MLM'y tp koreksi diri". Sebtulnya apapun MLM'y tp jika anda mlngkah dg Baik dan bnr jg gigih mngrjakan'y InsyaLLah brhasil...
    Nah, btul kata Hermik Bunda BiFan, sblm memilih ada baiknya lihat dulu keAbsahan perusahan MLM tsb...dimana prusahaan MLM yg SANGAT LEGAL itu mmliki :
    1. surat izin usaha pnjualan lngsung (SIUPL)
    2. surat izin perusahaannya (kaya SIUPP dsb)
    3. ada produk yg jelas dan pnya Surat Izin Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPPOM RI).
    4. sertifikat halal dlm negeri maupun luar negeri
    5. sertifikat Lab. Uji produk (dr salah 1 Universitas ternama)

    Nah dr 5 kategori itu udh sangat kuat utk jd pilihan bsnis anda...

    Contoh prusahaan MLM yg udh masuk kategori diatas,, buka Link ini :

    http://www.facebook.com/media/set/?set=a.138837789461450.23762.138802256131670&type=3

    klo mau tau info jlas'y ttg MLM diatas, mari gabung brsama kami...akan kami brikan kmudahan dlm mnjlnkan bsnis ini..
    ContactPerson : 085814695194 / Dede Farhan Habibi

    BalasHapus
  21. Sertiap menjalankan bisnis harus ada mentor yang basicnya bisnis. saya adalah IBO Amway. Dan anda sudah tau sejauh mana Amway Berkembang. Dan bagi yang bergabung dengan Amway hubungi saya di nO 087862413894 ATAU EMAIL : priyantoandika@ymail.com tau Facebook : andika property.
    Beragabunglah bersama saya, karena mentor saya adalah para direktur terutama Pak Kadek Marleno tangan Kanan Ong Beng Seng Perusahaan Devloper dan Properti yang sudah punya Nama di Benua Asia dan Direktur Baliarum anak perusahaan Tunas Jaya YANG terbesar di BALI.

    Jangan sungkan - sungkan marilah kita pilih Perusahaan yang sudah lama berkembang dan maju dan Mempunyai Mentor - MENTOR yang Hebat

    BalasHapus
  22. Dalam bisnis MLM sebenarnya semua bagus, yang merusak itu semua adalah individu yang selalu mendahulukan kepentingan pribadi yang tidak mengindahkan yang ditentukan oleh perusahaan.

    BalasHapus
  23. semua bisnis itu pada hakikatnya sama saja hanya tergantung siapa pelakunya dan bagaimana dia menjalankanya, semua orang bisa sukses dan kaya tapi mereka punya cara yang berbeda beda tentunya, tapi ada 1 hal yang saya kurang setuju dengan bisnis MLM ini karna bisnis seperti ini memang bisa dibilang menguntungkan tapi walau bagaimanapun yang namanya sistem MLM yang mengakar seperti itu saya yakin lama kelamaan akan menjadikan kita budak dari sistem tersebut dan dengan iming iming hadiah yang besar dari perusahaan tersebut kita tak ubahnya seperti otak kita dicuci oleh mereka dengan khayalan tingkat tinggi , maka dari itu daripada menjayakan perusahaan orang lain lebih baik kita menjayakan perusahaan kita sendiri dengan cara berwirausaha dan setau saya belum pernah saya melihat miliarder sukses dari binis MLM ini karna walau bagaimanapun yang akan lebih kaya adalah Boss pemilik perusahaan MLM tersebut, ingat" sukses itu tak semudah membalikan telapak tangan" SALAM SUKSES BUAT SEMUA.....

    BalasHapus
  24. Saya termasuk yang sudah tidak percaya bisnis model MLM , biasanya kebanyakan Leader cuma memanfaatkan downline nya saja untuk mengejar keuntungan pribadi .

    BalasHapus
  25. pelajaran paling berharga dalam memulai bisnis, bisa dipelajari di MLM. pebisnis besar pun merekomendasikannya. (KERIPIK AisGAGAP MANAJEMEN) BAIHAQI PUTRA ANGKASA....

    BalasHapus
  26. ju"r MLM gmpng " susah tapi bisa asal kuat mental

    BalasHapus
  27. sebenarnya tujuan mlm hanyalah bagaimana agar dapat bonus banyak

    BalasHapus
  28. Mari bergabung bersama ASIANBET77.COM Disini kami menyediakan berbagai macam jenis permainan betting online, seperti Taruhan Bola Online, Casino Online, Togel Online, Sabung Ayam Online dan masih banyak lagi game taruhan online lainnya....

    Pendaftaran gratis tidak dikenakan biaya apapun juga, minimal Deposit sangat ringan, hanya dengan Rp 100.000 saja anda sudah bisa bergabung bersama kami. ASIANBET77.COM bekerja sama dengan bank lokal yakni BCA, MANDIRI & BNI. Sehingga memudahkan anda untuk bertransaksi bersama kami.

    Customer service kami yang Ramah dan Profesional akan siap membantu anda selama 24 jam full, ayo segera daftarkan diri anda bersama kami ASIANBET77.COM. Dan dapatkan promo2 menarik dari kami.untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi CS kami :

    YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    Wechat : asianbet_77
    sms center : +639052137234
    pin bb : 2B4BB06A

    BalasHapus
  29. kemari dijamin bukan MLM tetapi hasilnya melimpah kalau kagak percaya silahkan buktikan http://goo.gl/mX651p

    BalasHapus
  30. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

    BalasHapus
  31. Serba Gratis...
    Gratis... Dapatkan Kalender Dinding Abadi, satu Kalender untuk semua tahun...
    Gratis... Dengan 1 akun 10 Iklan Anda aka tersebar ke berbagai Blog/Web member lain...
    Gratis... bisa menjadikan Blog/Web Anda sebagai penghasil Uang...
    Gratis... tanpa punya Blog/Web dengan fasilitas di web ini Anda bisa menghasilkan Uang...
    Gratis... Fasilitas di Web ini, pasang iklan gratis, memperpendek alamat website anda yang panjang, simpan catatan ngenet anda, buka web faforit Anda sekali klik.
    http://www.xnge.net?id=zahron

    BalasHapus
  32. Mari selamatkan bumi sekaligus Investasi-Bisnis anti rugi yang didukung oleh tenaga profesional dan teknologi terbaru . http://www.bisnismanfaatpenghijauan.com http://www.greenwarriorindonesia.com

    Kombinasi revolusioner : Menanam pohon menyelamatkan bumi, investasi dengan ROI tinggi dan bisnis multiplikasi dengan komisi dan rewards yang dahsyat.

    Dengan dukungan penuh pemerintah, mohon direview terlebih dahulu, jika ada yang ingin ditanyakan dapat menghubungi saya di : 081222256763, Dian.

    Salam dan Terimakasih

    BalasHapus

Test Footer 1

ads

Test Footer

ads

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Business

[Business]

Flickr Widget

Videos

3/Food/recent-videos

Sports

3/Sports/small-col-right

Fashion

3/Fashion/big-col-right

Recent Posts

Business

3/Business/big-col-left
Header ADS

Featured

Followers

Nature

ads

Test Footer 2

recentposts

Comments

recentcomments

Adbox

Popular Posts