REKOMENDASI BISNIS ONLINE

26.2.10

Apakah MLM adalah penipuan, illegal, tak bermoral..?

Multi-level marketing adalah jalur alternatif bagi perusahaan untuk mendistribusikan produk dan jasanya ke pasaran (jalur distribusi yang lain termasuk supermarket, toko retail, door to door sales dan lain-lain).

Mengapa perusahaan memilih MLM untuk mendistribusikan produknya?

Ada beberapa alasan :

1. Biaya overhead yang rendah
Tidak seperti perusahaan retail, perusahaan MLM tidak perlu mengalokasikan dana yang besar dalam advertising untuk menarik customer. Sebagai penggantinya, dana dialihkan untuk memberikan komisi bagi distributor untuk memasarkan produk ke customer. Selain itu, perusahaan hanya perlu memberikan komisi bagi distributor berdasarkan hasil, yaitu dari persentasi dari produk yang terjual.

2. Biaya overhead distribusi yang rendah
Typical distribusi melalui retail menggunakan serangkaian regional, negara, kota, dan retailer lokal untuk mendistribusikan barang-barang. Masing-masing perlu mendapatkan keuntungan dan melakukan mark up harga dari barang.

Jalur distribusi non MLM
manufacturer –> transporter –> wholesaler –> retailer –> advertisers –> customers

Jalur distribusi MLM
manufacturer –> representative –> customer

3. Tingkat pertumbuhan yang tinggi
Perusahaan MLM yang diatur dengan baik bisa berkembang dengan tingkat pertumbuhan 20%, 50%, bahkan 100% tiap bulan

 4. Tim sales dan marketing yang termotivasi.
Ada banyak sekali produk yang membanjiri pasaran. Dibutuhkan dana marketing yang besar untuk bisa memperoleh tempat di customer. Selain itu banyak produk yang membutuhkan penjelasan yang rinci dibandingkan dengan yang dapat dilakukan di iklan TV selama 30 detik.

Bagi perorangan, MLM bisa memberikan kesempatan untuk mempunyai sumber penghasilan tambahan yang jika disertai dengan kerja keras, bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup significant.

Bagaimana Caranya?
MLM adalah tentang “banyak orang melakukan bagiannya masing-masing yang sedikit”. Dalam MLM, Anda tidak hanya mendapatkan komisi dari hasil penjualan Anda secara langsung namun juga secara tidak langsung. Anda mendapatkan juga komisi dari hasil penjualan orang yang Anda bawa ke perusahaan dan juga dari hasil orang yang orang tadi bawa, dan juga dari hasil penjualan dari orang terakhir yang dia bawa.

Dengan mendapatkan persentasi hasil dari banyak orang, penghasilan Anda akan berkembang sampai hasil yang sangat besar.

Jika Anda mendapatkan 5 orang yang serius mengembangkan bisnis dan masing-masing mempunyai hasil penjualan $100 per orang dengan komisi 5%, penghasilan Anda adalah seperti berikut :

Level - #people - $volume - $bonuses
1. 5 - 500 - 25
2. 25 - 2500 - 125
3. 125 - 12500 - 625
4. 625 - 62500 - 3125
5. 3125 - 312500 - 15625
6. 15625 - 1562500 - 78125
7. 78125 - 7812500 – 390625

Jadi, jika tiap orang bisa mendapatkan 5 orang, Anda bisa mendapatkan $500,000 per bulan. WOW, mari kita semua bekerja dan menjadi kaya!

Tapi tunggu dulu. Tidak sesederhana itu.

Membutuhkan usaha dan waktu untuk membangun grup dalam perusahaan MLM. Anda pun tidak bisa bekerja sendirian. Anda tidak bisa merekrut 90.000 orang seorang diri. Tiap orang harus mencari 5 atas usaha sendiri dan tidak semua orang mau bekerja untuk mendapatkan 5 orang itu.

Bisa dibilang jarang ada orang yang akan membangun group ideal seperti ini. Beberapa kaki di struktur downline akan tumbuh lebih cepat dari yang lain. Beberapa kaki akan tumbuh dengan lebih lambat. Jika Anda tidak bekerja, Anda tidak akan pernah memulai satu pun kaki yang akan tumbuh sesuai dengan yang Anda inginkan.

Itulah konsepnya. Banyak orang mengerjakan bagiannya yang kecil dan Anda mendapatkan bagian dari setiap orang. Jika Anda mempunyai inisiatif dan etos kerja untuk membangun group tersebut, Anda bisa mendapatkan income yang cukup significant bahkan bisa menjadi kaya.

Yang perlu digarisbawahi adalah MLM bukanlah cara cepat untuk menjadi kaya. Diperlukan KERJA keras dan kebanyakan orang tidak mau mengerjakan hal-hal yang diperlukan. Kebanyakan orang tidak akan pernah menjadi kaya, hanya beberapa saja yang akan berhasil. Walaupun demikian, selama Anda memilih perusahaan yang benar dengan produk dan jasa yang baik, tingkat keberhasilan Anda sepenuhnya tergantung pada Anda.

Apakah MLM adalah penipuan, illegal, tak bermoral?

Ini adalah bagian terbesar dari argumentasi, ketidaksetujuan dan tuduhan yang tidak berdasar tentang MLM. Tidak sedikit yang beranggapan MLM adalah tidak etis dan tidak bermoral. Walaupun demikian secara hukum, MLM dianggap legal, tidak menyalahi aturan moral.

Sebenarnya MLM tidak bisa dikatakan dari sananya baik atau buruk seperti halnya orang memandang sistem bisnis biasa. Bisnis biasa (dunia korporat) bisa dijalankan secara baik dan bisa dijalankan dengan buruk. MLM juga demikian. Ada yg dijalankan dengan baik dan ada juga yang dijalankan dengan buruk. Jadi baik dan buruknya MLM tergantung bagaimana perusahaan didesain dan dijalankan oleh tim manajemen dan tim pemasar di lapangan.

Memang harus diakui ada juga perusahaan MLM yang tidak lebih dari sekadar penipuan, cara cepat menjadi kaya untuk pemilik dan segelintir kroninya. Beberapa di antaranya berusaha memanipulasi hukum dan menghindar dari hukum. Ada juga perusahaan MLM yang mempunyai produk yg sah secara hukum dan sudah berkecimpung dalam bisnis selama beberapa tahun tapi dijalankan secara salah, sedemikian sehingga banyak orang yang menjadi korban. Contoh, orang lanjut usia yangmenginvestasikan uang pensiun untuk membeli barang-barang yang memenuhi garasinya dan seterusnya. Banyak orang tentunya setuju bahwa perusahaan ini, setidaknya distributor yg menjalankan praktek-praktek tidak bertanggung-jawab, sama sekali tidaklah etis.

Sebenarnya ada banyak perusahaan yang dijalankan dengan sah, legal, dan etis. Perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai produk-produk yang baik, bermanfaat bagi pelanggan dan memberikan banyak orang peluang untuk memperbaiki kondisi keuangannya.

Kubu Anti MLM sering menyatakan bahwa perusahaan MLM dan distributornya hanya menjual fantasi tidak realistis mengenai potensi penghasilan yang dapat diperoleh kepada prospek, yg pada kenyataannya hanya menggemukkan penghasilan upline. Pandangan ini bisa dimengerti namun mengabaikan satu hal penting yaitu bahwa setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk membangun group atau timnya sendiri seperti halnya uplinenya. Upline sudah bekerja keras, mungkin selama bertahun-tahun, untuk membangun downline yang sekarang memberikan hasilnya bagi upline tersebut. Orang baru mungkin sudah investasikan hanya beberapa ratus dollar dan beberapa jam saja perharinya. Setiap orang memulai dari tempat yang sama, DI DASAR, dan setiap orang punya kesempatan yang SAMA untuk membangun downlinenya sendiri.

Teori Saturasi

Satu-satunya pengecualian mungkin teori saturasi (jenuh). Dalam kasus ini, perusahaan sudah berkembang sedemikian rupa sehingga banyak orang dari distributor aktif yang tertarik untuk merekrut orang baru, sudah bergabung (ini tidak berarti SEMUA orang sudah direkrut). Orang baru akan lebih sulit mencari prospek baru dibandingkan upline yang telah melakukannya beberapa tahun yang lalu. Orang baru ini punya beberapa pilihan bergabung dengan perusahaan yang sudah mapan walaupun sudah mendekati jenuh, pilih perusahaan lain yang tidak punya masalah saturasi, atau menyerah.

Walaupun demikian, orang baru yang bergabung dengan perusahaan yang mapan, akan memiliki banyak alat bantu dan sistem support daripada orang lama yang bergabung di perusahaan tersebut sejak lama. Mungkin juga ada lebih banyak produk, lebih banyak literatur, dan lain-lain. Walaupun orang lama yang bergabung lebih mempunyai pasar yang besar, mereka juga mempunyai fasilitas yang terbatas. Jadi ada kelebihan dan kekurangannya bagi orang yang bergabung duluan dan bergabung belakangan.

Dalam kenyatannya, saturasi ini jarang menjadi masalah. Hanya ada sedikit kasus di mana market benar-benar jadi jenuh. Mungkin saja akan lebih sulit untuk mencari orang baru dalam perusahaan yang besar tapi TIDAK ADA perusahaan dalam sejarah MLM yang berkembang sangat pesat sehingga menghabiskan potensi pasarnya. Lebih banyak orang yang memasuki usia 18 tahun di dunia ini daripada jumlah orang yang bergabung ke semua perusahaan MLM yang ada. Sampai sejauh ini, pertumbuhan MLM belum bisa menyamai pertumbuhan populasi manusia.

Jadi, MLM bisa dikerjakan secara sah, bermoral, tapi MLM bisa juga dijalankan secara tidak etis dan tidak legal.

Apakah merekrut itu salah dibandingkan dengan menjual produk?
Ini adalah pendapat umum mengenai MLM. Di satu sisi, pendapat ini benar. Jika tujuan utama di balik MLM adalah untuk merekrut orang, yaitu jika uang pembayaran waktu bergabung, adalah satu-satunya sumber pembayar bonus, maka tentu saja kegiatan MLM ini tidak benar.

Kubu Anti MLM berpendapat bahwa tujuan utama MLM adalah untuk merekrut orang baru, bukan untuk menjual barang. Yang tidak mereka mengerti adalah MENDAFTARKAN ORANG BARU ADALAH CARA ANDA MENJUAL PRODUK DI MLM. Di samping itu, Anda tetap bisa memperoleh penghasilan walaupun hanya jadi pengecer produk dan jasa yang dijual.

Jika Anda fokus hanya di penjualan, ini bukan MLM, hanya jualan cara biasa. MLM bekerja berdasarkan proses yang berbeda dari sales biasa. Bukannya mencari beberapa orang untuk menjual dalam volume besar sekaligus, Anda mencari banyak orang dan masing-masing menjual dalam volume sedikit (karena tiap orang menjual dalam jumlah kecil, pengunaan pribadi oleh tiap distributor menyumbang peranan penting dari total volume penjualan). Merekrut orang baru dan membangun downline adalah caranya Anda mencari orang-orang yang masing-masing mengerjakan bagiannya dalam proses penjualan. (Perhatikan : SETIAP orang melakukan kontribusi dari total penjualan. BUKAN HANYA orang yang bergabung belakangan. Kontribusi Anda bagi Upline secara perorangan hanya beberapa sampai puluhan dollar). Produk berpindah dari perusahaan ke customer atau distributor. Itulah sumber penghasilan dari MLM yang benar. Hanya cara pendistribusiannya yang berbeda.

MLM bekerja dalam hal yang berbeda dengan cara biasa, walaupun berbeda, hal itu tidak menjadikannya illegal atau amoral atau salah. Hanya caranya saja yang BERBEDA. Seperti halnya franchise berbeda dari retail biasa (franchise pernah dianggap sebagai bentuk penipuan). Franchise bukanlah penipuan, hanya satu bentuk dalam bisnis. Mengacu ke analogi yang sama, MLM berbeda dari retail yang biasa dan franchising, tapi bisa menjadi bentuk efektif dalam melakukan bisnis.

sumber: http://blog.supexteam.com

dan saya kak roni SALAM SUKSES LUAR BIASA CERDAS

33 comments:

Ipin's cool mengatakan...

saya pernah terjerumus dalam suatu MLM.
Salah satu leader MLM yang sudah besarnamamnya membawa MLM baru..,dengan iming2 hadiah yang begitu memukau sehingga membuat downline mengikuti jejaknya, memang kesuksesan berhasil dicapainya tapi apa yg di dapat downline...??setelah upline berhasil dia kembali membawa MLM lain begitu seteruysnya.
berhati-hatilah dengan type leader semacam kutu loncat ini yang hanya mengambil keuntungan sepihak tanpa memikirkan downlinenya.
di balik jas dan dasinya tersimpan kebusukan dalam hatinya.
waspadalah terhadapa orang yang pandai berbicara menawarkan MLM jangan mudah terhasut kenali dulu latar belakng orang tsb.
Perusahaan MLM benar memakai sisitemya tapi orang oran yg kurang jujur memanfaatkannya.

mas doyok mengatakan...

belum pernah ikut kak
saya gak opaham juga yg seperti ini

kak roni mengatakan...

kalo kutu loncat artinya bukan leader

time clock mengatakan...

info yg bermanfaat, copas dulu, sewaktu2 dibutuhkan langsung dipraktekin, thx bos, salam kenal.

jeehad020190 mengatakan...

Saya masih bingun mengenai hukum MLM dalam Islam, karena itu sampai sekarang belum berani melangkah ke sana, kalo punya referensi yang sangat meyakinkan tolong beritahu ya...

komen balik plis..

HOSTING MURAH!!! 200MB hanya 65rb/tahun!!!

jeehad mengatakan...

wah mlm ya? saya masih bingung hukum mlm dalam islam. Jadi belum berani kesana, kalau punya info yang bisa membantu tolong kabarin ya ...

komen balik pliss...

HOSTING MURAH!!! 200MB hanya 65rb/tahun!!!!

mira mengatakan...

saya setuju dengan isi artikel. Sangat perlu meneliti sistem MLM yang akan diikuti. Sistem MLM adalah salah satu jenis pemasaran yang dianggap efektif karena mengusung kepercayaan namun yang diutamakan haruslah kualitas produk yang dijual.

Jamal mengatakan...

MLM adalah salah satu alternatif bagi yg mau berbisnis dg modal kecil...

Damar mengatakan...

Dulu aku jg pernah diajakkin MLM, tp, krn masih sekolah . . .jd ngga jalan deh , , , tp klo masalah haram halal, setahuku halal deh

E-lifestyleandbusiness.com mengatakan...

wah MLM.... hmm dulu aku pernah MLM scr offline..

n mau melakukannya lagi secara online.. maklum mau Build The Big Online Business...

lumayan lho Profit , coba build aja sapa tw get The Big Profit ^^

JUAL TANAH DI BAYU N BOGOR mengatakan...

TANAH AMAN DAN TENANG , 15 mnt Tol bogor, 10 mnt Botani square,10 mnt Kebon Raya bogor. Lokasi CLUSTER BAYU BNR DIJUAL SESUAI HARGA NJOP LUAS 180 HRG 310 JT, ADA JUGA LUAS 225 , 426 M2 ..KEAMANAN 24 JAM . SERTIFIKAT LENGKAP..sangat bgs buat investasi



Data Properti
Luas Tanah : 180 m²
Panjang : 15 m
Lebar : 12 m
Sertifikat : HGB - Hak Guna Bangunan
Menghadap : Selatan
IMB : Belum Ada

Anonim mengatakan...

buka aja situs pengusaha muslim.com
search aja mlm di situ, ada banyak penjelasan mengenai mlm

Blog Bisnis Muklis mengatakan...

Semua memang benar kang Roni, hampir semua orang pingin kaya, cuma mungkin beda beda cara. saya sendiri dulu orang yang anti MLM, tapi saat ini saya mendapatkan penghasilan terbesar dari MLM, karena MLM yang saya kerjakan luar biasa dan bisa di bilang inilah MLM, scr sistem sama tapi beda visi dan misi, MLM yang saya kerjakan modal hanya se x seumur hidup, omzet di bayar perhari, tanpa tutup point dan peringkat, sudah dapat sertifikasi fatmwa MUI dan Majelis Rosululloh di Jakarta, terimakasih atas uraiannya, salam sukses selalu

kak roni mengatakan...

Muklish : Salam sukses ya....
semoga bisnisnya tetap jalan

Belajar Forex mengatakan...

jadi tambah takut mau ikut MLM

fadhly nobrega mengatakan...

mlm secara tidak langsung menghipnotis para pengikut .. ber hati - hati lah , karena sudah banyak korban ..

Anonim mengatakan...

penjelasan yang sangat bermanfaat, mengubah pandangan negatif MLM menjadi positif. penjelasannya sangat baik. saya sendiri sebagai pelaku MLM kagum dengan uraian di atas, semoga bermanfaat

Anonim mengatakan...

Ada satu MLM di wilayah Sudirman Jakarta, di sebuah gedung perkantoran, dengan inisial produk LB, hati-hati dengan upline2 dg inisial LT dan DAS atau DS. Sama saja seperti praktek bisnis MLM lainnya, janji manis, kemudian semua bullshit, omong kosong. Anda terjebak dan uang tidak akan pernah kembali.

Jacob's Melodic mengatakan...

banyak dari orang di skitarq jadi korban MLM menurut saya sseorang yg ikut suatu MLM pikirannya semakin Irasional karena iming2 yg di janjikan,,,, .gak malah kaya,mereka yg jdi korban MLM melainkan tambah irasional..

mlm online murah mengatakan...

info menarik... terima kasih...

Hermik Bunda BiFan mengatakan...

sukses sesorang, di bisnis apa pun, tergantung secara personal oleh orang itu sendiri. jadi memang harus pinter2 memilih brand dari produk MLM yang sekian banyaknya. Jika gagal dalam bisnis MLM, jangan salahkan sistem MLM itu sendiri, tp koreksi diri sendiri. Sudah benarkah pilihan Anda dan bgmna Anda menjalani (serius/tdk)? Saya yakin, masing2 MLM memiliki kebijaksanaan masing2 dalam mengatur sistemnya. Sebelum memilih, ada baiknya lihat dulu dan harus terbukti, misal : sudah brp banyak yg sukses dan ada produk yg dijual. Bisa cek juga MLM yg menjadi anggota APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia). MLM cuma jual mimpi? TIDAK donk, klo mau usaha InsyaAllah ada hasil. Tidak hanya sekedar jual produk, tapi harus pinter mengembangkan jaringan. That's the point,,,salam sukses semua ^^

Anonim mengatakan...

Hei para komentator sebelum saya...!!
saya mau mnympaikan bhwasanya semua MLM itu bagus dan benar,,tp yg jd prtnyaan'y adalah :
"Apakah MLM yg anda pilih itu Layak dikerjakan atau tidak???"
saya stuju dg Org yg brpkir positif ttg MLM, "jgn mnylahkan sistem MLM'y tp koreksi diri". Sebtulnya apapun MLM'y tp jika anda mlngkah dg Baik dan bnr jg gigih mngrjakan'y InsyaLLah brhasil...
Nah, btul kata Hermik Bunda BiFan, sblm memilih ada baiknya lihat dulu keAbsahan perusahan MLM tsb...dimana prusahaan MLM yg SANGAT LEGAL itu mmliki :
1. surat izin usaha pnjualan lngsung (SIUPL)
2. surat izin perusahaannya (kaya SIUPP dsb)
3. ada produk yg jelas dan pnya Surat Izin Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPPOM RI).
4. sertifikat halal dlm negeri maupun luar negeri
5. sertifikat Lab. Uji produk (dr salah 1 Universitas ternama)

Nah dr 5 kategori itu udh sangat kuat utk jd pilihan bsnis anda...

Contoh prusahaan MLM yg udh masuk kategori diatas,, buka Link ini :

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.138837789461450.23762.138802256131670&type=3

klo mau tau info jlas'y ttg MLM diatas, mari gabung brsama kami...akan kami brikan kmudahan dlm mnjlnkan bsnis ini..
ContactPerson : 085814695194 / Dede Farhan Habibi

Andika Priyanto mengatakan...

Sertiap menjalankan bisnis harus ada mentor yang basicnya bisnis. saya adalah IBO Amway. Dan anda sudah tau sejauh mana Amway Berkembang. Dan bagi yang bergabung dengan Amway hubungi saya di nO 087862413894 ATAU EMAIL : priyantoandika@ymail.com tau Facebook : andika property.
Beragabunglah bersama saya, karena mentor saya adalah para direktur terutama Pak Kadek Marleno tangan Kanan Ong Beng Seng Perusahaan Devloper dan Properti yang sudah punya Nama di Benua Asia dan Direktur Baliarum anak perusahaan Tunas Jaya YANG terbesar di BALI.

Jangan sungkan - sungkan marilah kita pilih Perusahaan yang sudah lama berkembang dan maju dan Mempunyai Mentor - MENTOR yang Hebat

CSM Bintang Indonesia mengatakan...

Dalam bisnis MLM sebenarnya semua bagus, yang merusak itu semua adalah individu yang selalu mendahulukan kepentingan pribadi yang tidak mengindahkan yang ditentukan oleh perusahaan.

enterpreneur-bisnis mengatakan...

semua bisnis itu pada hakikatnya sama saja hanya tergantung siapa pelakunya dan bagaimana dia menjalankanya, semua orang bisa sukses dan kaya tapi mereka punya cara yang berbeda beda tentunya, tapi ada 1 hal yang saya kurang setuju dengan bisnis MLM ini karna bisnis seperti ini memang bisa dibilang menguntungkan tapi walau bagaimanapun yang namanya sistem MLM yang mengakar seperti itu saya yakin lama kelamaan akan menjadikan kita budak dari sistem tersebut dan dengan iming iming hadiah yang besar dari perusahaan tersebut kita tak ubahnya seperti otak kita dicuci oleh mereka dengan khayalan tingkat tinggi , maka dari itu daripada menjayakan perusahaan orang lain lebih baik kita menjayakan perusahaan kita sendiri dengan cara berwirausaha dan setau saya belum pernah saya melihat miliarder sukses dari binis MLM ini karna walau bagaimanapun yang akan lebih kaya adalah Boss pemilik perusahaan MLM tersebut, ingat" sukses itu tak semudah membalikan telapak tangan" SALAM SUKSES BUAT SEMUA.....

jual daster mengatakan...

Saya termasuk yang sudah tidak percaya bisnis model MLM , biasanya kebanyakan Leader cuma memanfaatkan downline nya saja untuk mengejar keuntungan pribadi .

Panduan Belajar Gitar mengatakan...

Kasus seperti ini memang sering terjadi mas. Lucunya orang-orang justru menyalahkan perusahaan, padahal perusahaan sama sekali tidak salah. Yang salah adalah si upline tadi yang memanfaatkan perusahaan untuk hal buruk.

AHMAD BAIHAQI mengatakan...

pelajaran paling berharga dalam memulai bisnis, bisa dipelajari di MLM. pebisnis besar pun merekomendasikannya. (KERIPIK AisGAGAP MANAJEMEN) BAIHAQI PUTRA ANGKASA....

andresta marco mengatakan...

ju"r MLM gmpng " susah tapi bisa asal kuat mental

kingkong mengatakan...

ini gan coba yang satu ini recomended bgt
www.kiostiket.com

obat mata minus ampuh mengatakan...

sebenarnya tujuan mlm hanyalah bagaimana agar dapat bonus banyak

Rafatta 99 mengatakan...

Agen Vimax Asli Original Canada.
KLG Pills Obat Pembesar Penis.
Vigrx Plus Obat Pembesar Penis.
Vimax Obat Pembesar Penis.
Vakum Pembesar Penis.
Boneka Full Body.
Penis Ikat Pinggang.
Obat Kuat Maximum.
Obat Kuat Viagra USA.
Vagina Senter.
Perangsang Potenzol.
Vakum Pembesar Payudara.
Penis Tekuk Manual.
Cobra Oil Pembesar Penis.

Kepuasan Customer Adalah Perioritas Bagi Kami. Terima Kasih
Selamat Berbelanja.

Abimanyu Bala Dewa mengatakan...

Makasih infonya gan, sangat menarik.

SAYA JUGA MAU BAGI KABAR GEMBIRA.... LOWONGAN BISNIS
ANDA MAU BISNIS YANG BENAR2 DAHSYAT, TIDAK PERLU CARI MEMBER/ DOWNLINE, CUMAN SEBAR FORMULIR PENGUNJUNG,
COCOK UNTUK SEMUA UMUR DAN KALANGAN, PELAJAR, MAHASISWA SAMPAI IBU RUMAH TANGGA.
100% HALAL DAN BUKAN SCAM. SATU2NYA BISNIS dg BAYARAN PALING MAHAL.
untuk INFO LEBIH LANJUT, SILAHKAN

BUKA LANGSUNG DISINI
atau
KLIK DISINI

hubungin : abimanyubaladewa212@gmail.com

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes