Langsung ke konten utama

BAGAIMANA MEMELIHARA JARINGAN



Merawat dan memelihara jaringan sama pentingnya dengan membangun atau mengembangkan jaringan. Banyak membangun dan mengembangkan jaringan tanpa diiringi dengan proses pemeliharaan dan perawatan alamat jaringan anda akan terbengkalai alias mati suri.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman lapangan selama saya berbisnis jaringan. Ada Sepuluh daftar urutan teratas alasan kita untuk melakukan pemeliharaan jaringan. Kesepuluh daftar tersebut yaitu :


1. Manfaatkanlah kalender secara kreatif


2. Catat Peristiwa-peristiwa penting dalam kominitas anda


3. Amatilah perubahan yang terjadi pada jaringan anda


4. Lakukan emailing, sms, atau telp


5. Manfaatkan posko jaringan anda secara konstruktif


6. Jadilah perantara diantara para pihak


7. Diskusikan pada jaringan anda perubahan besar yang terjadi


8. Diskusikan strategi baru pada jaringan anda


9. Lakukan diskusi rutin dengan jaringan anda


10. Hadirlah pada setiap pertemuan



Pada dasarnya ada dua cara untuk tetap memelihara dan merawat jaringan anda, Yaitu cara proaktif dan cara positif reaktif. Cara proaktif berarti kita secara rutin dan terus menerus memelihara dan berusaha menghubungi jaringan secara kreatif.


Sedangkan cara positif reaktif berarti kita selalu merespon atau menanggapi secara positif dan melakukan kontak dengan jaringan atas berbagai peristiwa penting atau perubahan situasi yang dialami jaringan anda. Kedua cara tersebut sama halnya dengan anda bermain bola tenis dimana servis pasti ada pantulan yang mengarah kembali.


Untuk berhubungan terus dengan jaringan, anda dapat melakukan dengan berbagai cara, seperti pertemuan face to face, pertemuan kelompok, melalui telp, email, sms, chating atau paling tidak titip salam melalu jaringan anda yang lain. Gunakan berbagai media dan cara-cara kreatif untuk senantiasa berhubungan dengan jaringan anda dimanapun berada.


Anda harus membuat target atau jadwal rutin siapa saja yang harus dihubungi (meskipun dengan alasan yang dibuat-buat) dan seberapa sering anda mengontak mereka.


Sementara itu dulu dari saya........nantikan lanjutan ceritanya di episode berikutnya........he.....he....he.....




   





Komentar

  1. Jaringan atau link emang penting banget...

    Secara tidak sadar, kita selama dalam perjalanan hidup ini sampi sekarang telah membuat jarinagan atau link itu sendiri...

    Mulai dari dasar, yaitu jaringan terhadap kluarga, bagamana cara memeliharanya? Kita semua sudah tau to.... Yang pasti hal2 positif lah...

    Nah, untuk jaringan atau link yang lebih luas, tinggal dikembangin aja, kitakan dah punya modal dari dasar...

    hehehehe.... ^^

    BalasHapus
  2. tapi kalo hanya didasari kepentingan susah juga
    maka dari itu bangunan secara emosi harus diciptakan juga :D

    BalasHapus
  3. thanks tipsnya bagus bgt buatkoe

    BalasHapus
  4. jaringan atau relasi memang dimantain terus sih, seperti blog walking gitu :)

    BalasHapus
  5. Bagus banget tipsnya nih.. sedikit-dikit perlu diimplementasikan juga... trims ya.. oh ya.. blognya cukup ringan.. size hanya 116 KB , deng load time 0.32 second

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LibertaGia - Bisnis Online Global Tanpa Modal Tanpa Resiko

LibertaGia - BisnisOnlineGlobalTanpa ModalTanpa Resiko. Jika anda seorang petualang yang ingin mendapatkan penghasilan dari Internet. Anda berada di tempat yang tepat. Saya akan berbagi dengan anda tentang Bisnis Online Global Libertagia. Bisnis yang berasal dari Portugis ini bakal bersaing dengan bisnis lain yang telah maupun akan hadir di Indonesia.
Perusahaan Libertagia saat ini sedang dalam tahap pre-launch secara resmi mulai 12 Oktober 2013 dengan gala malam yang diadakan di Lisbon,Portugal. Kantor utama di Lisbon Portugal - di samping markas besar Microsoft. Dalam beberapa bulan ke depan lebih banyak kantor akan terbuka di seluruh dunia. Lokasi yang sudah dikonfirmasi adalah Malaysia dan Italia. Lebih dari 13 bulan dihabiskan untuk mendesain proyek ini, Proyek ini diprakarsai oleh 12 investor yang sangat berkompeten/spesialis Multi Level Marketing tetapi Perusahaan ini sendiri bukanlah representatif dari Perusahaan MLM. Presiden dan CEO LibertaGia adalah Rui Salvador.
Anda dapat m…

Peluang Bisnis Online Komunitas Indonesia Sejahtera

Peluang Bisnis Online Komunitas Indonesia Sejahtera

Setelah sukses bisnis online berbasis komunitas Dreem For Freedom, menyusul satu lagi bisnis online Komunitas Indonesia Sejahtera yang di pimpin oleh Irawan Apriansyah.
Komunitas Indonesia Sejahtera disingkat KIS mulai launching 25 Nopember 2015 dan telah terdaftar di Kemenkumham a/n PT. Sejahtera Indonesia Persada No. AHU 2473049.AH.01.01. Tahun 2015 Tanggal  18 Desember 2015. Sementara Perkumpulan Komunitas Indonesia Sejahtera AHU-0029376.AH.01.07 Tahun 2015 tanggal 18 Desember 2015. Member komunitas ini sudah mencapai 6000 lebih tersebar disemua kabupaten.  Paket join bisnis ini mulai 1 juta, 5 juta, 10 juta
Bisnis Plan Komunitas Indonesia Sejahtera 1. Member akan mendapatkan profit 1%/hari, tiap 15 hari dapat transferan 15%+tiket 200rb      dari member lainnya 2. Ada 2 sumber bonus yaitu bonus pasif (1) dan aktif 3. Bonus aktif yaitu bonus refferal 10% sebanyak 6 x, bonus pasangan sebanyak 10%      tiap penambahan omset, bonus generasi da…

Apakah MLM adalah penipuan, illegal, tak bermoral..?

Multi-level marketingadalah jalur alternatif bagi perusahaan untuk mendistribusikan produk dan jasanya ke pasaran (jalur distribusi yang lain termasuk supermarket, toko retail, door to door sales dan lain-lain).
Mengapa perusahaan memilih MLM untuk mendistribusikan produknya?

Ada beberapa alasan :

1. Biaya overhead yang rendah
Tidak seperti perusahaan retail, perusahaan MLM tidak perlu mengalokasikan dana yang besar dalam advertising untuk menarik customer. Sebagai penggantinya, dana dialihkan untuk memberikan komisi bagi distributor untuk memasarkan produk ke customer. Selain itu, perusahaan hanya perlu memberikan komisi bagi distributor berdasarkan hasil, yaitu dari persentasi dari produk yang terjual.

2. Biaya overhead distribusi yang rendah
Typical distribusi melalui retail menggunakan serangkaian regional, negara, kota, dan retailer lokal untuk mendistribusikan barang-barang. Masing-masing perlu mendapatkan keuntungan dan melakukan mark up harga dari barang.

Jalur distribusi non MLM