recent posts

banner image

Menetapkan Tujuan Yang Terarah



Aktivitas tidak sama dengan produktivitas. Dalam hidup ini kita seringkali mengabaikan apakah yang kita lakukan merupakan aktifitas ataukah produktifitas. Kita sering terjebak dalam aktifitas tanpa produktifitas, karena kita tidak menentukan tujuan jelas dalam hidup kita. 

Prinsip-prinsip dalam menentukan tujuan :
a. Gunakan kata-kata positif
Tujuan harus dirumuskan dalam kata-kata positif, karena otak bawah sadar kita yang paling dalam tidak mengenal kata "tidak". Ketika ditanya "apa tujuan anda?" perkiraan kasar saya 70% dari orang yang kita tanya akan kebingungan, karena mereka tidak punya tujuan, hanya 20% nya saja punya tujuan, tapi dirumuskan dengan terarah cuma ada 10% orang.

Ketika orang mempunyai goal dalam kata-kata negative "saya tidak mau miskin dan tidak mau gagal" apa yang terjadi? justru orang itu selalu mengalami kekagagalan dan kemiskinan. Karena itu rumuskan tujuan dalam kata-kata yang positif, gunanya apa kita harus merumuskan dalam kata-kata positif ? akan timbul sebuah energi positif, emosi positif yang selalu jadi alert bagi alam bawah sadar kita.

b. Spesifik
Ketika mau tidur anda mengatakan, "besok aku bangun jam 5 pagi!" dan ternyata besok pagi tanpa melihat jam, anda bisa bangun tepat jam 5 pagi? saya dan anda juga bisa dan sering mengalami hal itu karena otak bawah sadar kita tetap bekerja, walaupun kita tidur. Otak bawah sadar ini selalu mengejar tujuan dan tidak membantah bila tujuannya spesifik, jelas dan mantap.

Nah sekarang coba anda ucapkan bahwa anda ingin bangun tidur sepagi mungkin tanpa menyebutkan jam berapa harus bangun. Apa yang terjadi? Pertama, besar kemungkinan otak bawah sadar anda mengabaikan perintah itu, karena perintah dan tujuannya tidak jelas. Kedua, bila ancamannya berat jika tidak bangun pagi, otak bawah sadar kita akan sangat serius menanggapinya. Akibatnya anda akan terbangun lebih cepat dari yang diinginkan, bisa jadi jam 1 atau jam 2 anda sudah terbangun. Tigapuluh menit kemudian anda terbangun kembali dan akhirnya tidak bisa tidur........kerja besok ngantuk.....ya nggak....

c. Tertulis
Pada tahun 2002 saya mengikuti training super trainner yang diadakan sebuah perusahaan MLM dari Malaysia, kalau tidak salah mentornya Zulkarnain Jamaludin, kami sebut ia dengan panggilan cek zul. Dari dia saya dapat ilmu bagaimana menentukan tujuan goal setting dan juga pengalaman saya pribadi. caranya tidak terlalu sulit:

1.  Tentukan dan putuskan apa yang ingin anda capai, tujuan itu sejelas-jelasnya
2. Tuliskan di atas selembar kertas (jangan hanya diingat). Tujuan yang tidak tertulis bukanlah tujuan, namun hanya angan-angan yang muaranya khayalan....kayak judul sinetron khayalan tingkat tinggi...
Praktisnya begini:
1. Terapkan
2. Uraikan tujuan itu menjadi sub-sub yang terukur dan terarah
3. Buat daftar tindakan untuk mencapai sub-sub tujuan tersebut
4. Atur daftar tindakan anda hingga menjadi sebuah perencanaan
5. Kerjakan tindakan
6. Lakukan setiap hari yang membuat anda semakin dekat dengan tujuan
7. Refleksi setiap hari aksi-aksi anda
8. Rencanakan tindakan besok pada hari ini
9.Tetapkan prioritas dengan A,B,C,D, dan E. bagaimana menentukan prioritas tersebut ? tanyakan pada diri anda sebuah kata "JIKA"="MAKA"

d. Tertarget atau Terukur
Tujuan telah dirumuskan dengan kata-kata yang positif dan tertulis dengan sub-sub tujuan serta dilengkapi dengan daftar tindakan yang terencana, 70% akan berhasil. Namun pencapaian tujuan itu juga di buat dalam target waktu tertentu, misal bulanan, tahunan, atau periode waktu tertentu.

Alhamdulillah untuk sementara itu dulu dari saya..........SALAM CERDAS..!!!








Menetapkan Tujuan Yang Terarah Menetapkan Tujuan Yang Terarah Reviewed by Jamaludin Aproni on Oktober 17, 2009 Rating: 5

9 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat...

    Menetapkan tujuan merupakan kewajiban bahkan keharusan bagi setiap orang yang ingin meraih kesuksesan hidup.
    Tanpa tujuan yang jelas dari setiap aktivitas yang dilakukan, kesuksesan hidup hanyalah menjadi sebuah impian...

    Makasih sudah berbagi...

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  2. artinya fokus pada suatu hal kali ya

    BalasHapus
  3. makasih artikelnya bermanfaat sobat, referensi untuk tujuan aku nich

    BalasHapus
  4. Artikelnya bagus kak.. makasih yach..

    Pokoknya buat rencana, fokus, dan telaten.. jangan mudah putus asa.. dan jangan lupa untuk terus belajar..

    Nice post kak.. Keep Smile :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.