Langsung ke konten utama

Seni Membangun Jaringan


Membangun jaringan adalah suatu seni karena tidak ada rumusan pasti tentang cara membangunnya. Jaringan bukan hanya sekadar kumpulan daftar nama atau urutan abjad dari relasi kita.


Umpamakan jaringan bagai sebuah taman buah yang penuh dengan berbagai aneka ragam jenis tanaman buah-buahan. keindahan dan kesuburannya tergantung pada sentuhan dan rawatan kita sebagai pemilik kebun. sebelum di tanam pohon mestinya kita rancang dulu landskapnya dan menentukan komposisi tanaman di dalamnya.


Bila kita tidak merawatnya, kebun kita penuh dengan semak belukar. Kebun kita jadinya tidak produktif, tidak menghasilkan buah-buahan segar dan pastinya buahnya akan tidak sesuai ukuran dan mungkin juga busuk dan banyak ulatnya. Namun jika merawatnya dengan baik dan terjadwal, hampir bisa dipastikan kita akan menuai hasilnya yang menggembirakan. Kira-kira seperti itulah gambaran kehidupan dan jaringan kita yang diibaratkan kebun.


Ada sebuah cerita :


Seorang teman yang bernama Rudi. Rudi seorang yang sangat supel dan gaul. Ia selalu jadi pusat perhatian dalam setiap pertemuan di masyarakat, pengajian, pesta, olahraga, arisan dan di banyak pertemuan lainnya. Dan ia dengan sangat mudah mengenal orang dan mengingat nama orang per orang yang di temuinya.


Namun ada hal yang terlupakan olehnya, ternyata Rudi mudah melupakan teman barunya. Ia tidak pernah memelihara dan merawat relasi yang telah dibangunnya. Relasinya hanyalah teman dikala senang. Rudi terus mengembangkan jaringannya dan memperbanyak urutan daftar nama tanpa mau memelihara dan merawatnya.


Apa yang terjadi kemudian...?


Suatu saat Rudi mengalami kejatuhan dalam bisnisnya. Ia terjebak utang yang cukup besar sehingga bisnisnya rontok. Dalam keadaan seperti itu ternyata semua kenalan dalam tumpukan kartu namanya dan urutan daftar nama tertulis di agendanya tidak ada yang merasa cukup mengenal Rudi.


Itulah seni membangun jaringan. Kita perlu memiliki komitmen dan kegigihan untuk selalu mengembangkan jaringan sekaligus merawat dan memelihara jaringan kehidupan kita. Ingat bahwa jaringan kita itu dapat merubah kehidupn kita tanpa kita sadari.......


Untuk membangun jaringan kehidupan langkah pertama yang harus kita lakukan " KELUAR DARI ZONA KENYAMANAN KITA ". Kita jangan menjadi orang kaku. Kita tidak harus menjadi bintang dalam suatu pesta atau lingkungan kerja. Cobalah berkomunikasi, jumpai dan bicaralah dengan satu orang baru setiap harinya dan mulailah menjalin hubungan network kehidupan.


Langkah Kedua, " REACHING OUT " terdiri dari beberapa langkah :


- Menyapa (dengan senyum ramah dan tulus) setip orang yang berada dalam radius 1 meter dari anda.


 - Menyebarkan kartu nama ke setiap orang yang baru anda kenal, jika anda punya buku cobalah di pinjamkan. Anda punya alasan untuk ketemu lagi karena mau ambil buku tersebut


- Hadirilah setiap undangan termasuk melayat orang meninggal dan membesuk orang sakit


- Berkenalanlah hal penting dalam berkenalan ingat nama, alamat, nomor HP/telp, tempat kerjanya


- Prosfekting harus dilakukan setiap saat where when who




OKE silakan mencoba ......nantikan artikel yang lebih cerdas dari kak roni




Komentar

  1. mantap, sebelum membangun jaringan harus membangun mental dl :)

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    wah bagus juga pas banget.make me get the motivations thnxs ya kak

    BalasHapus
  3. artikel keren sob, mari membangun jaringan dengan silaturahim

    BalasHapus
  4. thank,s for your attention about my article....be spirit mine

    BalasHapus

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

Apakah MLM adalah penipuan, illegal, tak bermoral..?

Multi-level marketingadalah jalur alternatif bagi perusahaan untuk mendistribusikan produk dan jasanya ke pasaran (jalur distribusi yang lain termasuk supermarket, toko retail, door to door sales dan lain-lain).
Mengapa perusahaan memilih MLM untuk mendistribusikan produknya?

Ada beberapa alasan :

1. Biaya overhead yang rendah
Tidak seperti perusahaan retail, perusahaan MLM tidak perlu mengalokasikan dana yang besar dalam advertising untuk menarik customer. Sebagai penggantinya, dana dialihkan untuk memberikan komisi bagi distributor untuk memasarkan produk ke customer. Selain itu, perusahaan hanya perlu memberikan komisi bagi distributor berdasarkan hasil, yaitu dari persentasi dari produk yang terjual.

2. Biaya overhead distribusi yang rendah
Typical distribusi melalui retail menggunakan serangkaian regional, negara, kota, dan retailer lokal untuk mendistribusikan barang-barang. Masing-masing perlu mendapatkan keuntungan dan melakukan mark up harga dari barang.

Jalur distribusi non MLM

LibertaGia - Bisnis Online Global Tanpa Modal Tanpa Resiko

LibertaGia - BisnisOnlineGlobalTanpa ModalTanpa Resiko. Jika anda seorang petualang yang ingin mendapatkan penghasilan dari Internet. Anda berada di tempat yang tepat. Saya akan berbagi dengan anda tentang Bisnis Online Global Libertagia. Bisnis yang berasal dari Portugis ini bakal bersaing dengan bisnis lain yang telah maupun akan hadir di Indonesia.
Perusahaan Libertagia saat ini sedang dalam tahap pre-launch secara resmi mulai 12 Oktober 2013 dengan gala malam yang diadakan di Lisbon,Portugal. Kantor utama di Lisbon Portugal - di samping markas besar Microsoft. Dalam beberapa bulan ke depan lebih banyak kantor akan terbuka di seluruh dunia. Lokasi yang sudah dikonfirmasi adalah Malaysia dan Italia. Lebih dari 13 bulan dihabiskan untuk mendesain proyek ini, Proyek ini diprakarsai oleh 12 investor yang sangat berkompeten/spesialis Multi Level Marketing tetapi Perusahaan ini sendiri bukanlah representatif dari Perusahaan MLM. Presiden dan CEO LibertaGia adalah Rui Salvador.
Anda dapat m…

Peluang Bisnis Online Komunitas Indonesia Sejahtera

Peluang Bisnis Online Komunitas Indonesia Sejahtera

Setelah sukses bisnis online berbasis komunitas Dreem For Freedom, menyusul satu lagi bisnis online Komunitas Indonesia Sejahtera yang di pimpin oleh Irawan Apriansyah.
Komunitas Indonesia Sejahtera disingkat KIS mulai launching 25 Nopember 2015 dan telah terdaftar di Kemenkumham a/n PT. Sejahtera Indonesia Persada No. AHU 2473049.AH.01.01. Tahun 2015 Tanggal  18 Desember 2015. Sementara Perkumpulan Komunitas Indonesia Sejahtera AHU-0029376.AH.01.07 Tahun 2015 tanggal 18 Desember 2015. Member komunitas ini sudah mencapai 6000 lebih tersebar disemua kabupaten.  Paket join bisnis ini mulai 1 juta, 5 juta, 10 juta
Bisnis Plan Komunitas Indonesia Sejahtera 1. Member akan mendapatkan profit 1%/hari, tiap 15 hari dapat transferan 15%+tiket 200rb      dari member lainnya 2. Ada 2 sumber bonus yaitu bonus pasif (1) dan aktif 3. Bonus aktif yaitu bonus refferal 10% sebanyak 6 x, bonus pasangan sebanyak 10%      tiap penambahan omset, bonus generasi da…