recent posts

banner image

Karakter Pebisnis


Ketika anda telah memutuskan untuk bergerak di kuadran S atau B ada beberapa hal yang musti anda miliki atau karakter apa saja yang mesti dan harus anda miliki. Tulisan ini di ambil dari pengalaman sendiri dan pengamatan serta hasil diskusi dengan beberapa enterpreneur senior.

Mungkin apa yang akan saya sajikan ini anda sudah pernah baca atau dengar mungkin juga nada sudah memiliki karakter tersebut. Syukurlah jika anda telah memiliki karakter enterpreneur itu dan bagi yang belum patut di baca artikel kali ini.

1. Miliki Tujuan yang jelas;
seberapa kuat dan seberapa canggihnya anda punya strategi dan teknik dalam berbisnis, jika tidak menetapkan tujuan terlebih dahulu maka hasilnya akan ngawur;

2. Miliki Pendirian yang kuat;
Sebuah pohon kelapa jika tidak memiliki akar pendirian yang kuat akan bertumbangan diterpa angin. Begitu juga dengan anda jika tidak memiliki pendirian yang kuat mudah goyah diterpa isu-isu negatif. Untuk mencapai tujuan dan target-target yang anda inginkan pendirian sangat perlu disampaing hal lainnya;

3. Percaya Diri;
Ciri khas seorang enterpreneur adalah Percaya Diri. Ketika anda dalam menjalankan bisnis penuh keragu-raguan alamat bisnis anda tak akan bertahan lama;

4. Tanggung jawab yang tinggi
Dalam menjalankan bisnis selalu ada halangan dan masalah. Hadapi masalah dan selesaikan masalah dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Ketika anda bisa selesaikan masalah tersebut, anda akan jadi panutan bagi jaringan atau network bisnis anda.

5. Kemampuan berkomunikasi
Anda memiliki segudang ilmu pengetahuan, strategi dan taktik berbisnis. Namun ketika menyampaikan konsep bisnis anda dengan berapi-api menceritakan keberhasilan yang telah dicapai. namun tak satupun mereka tertarik dengan untuk ikut dalam bisnis yan telah anda bangun. kenapa..? coba cek kemampuan komunikasi anda. menguasai ilmu komunikasi juga bagian dari membangun karakter (Carakter Building) yang bermuara pada personal brand;

6. Inovasi Tiada Henti
Pastikan anda bukan orang yang kaku dalam menerapkan strategi bisnis. berinovasilah tiada henti, temukan strategi pemasaran yang cerdas, ciptakan desain produk yang menawan, dan rancang marketing plan yang membius.

7. Miliki Teamwork
Sehebat apapun seorang enterpreneur dia tak akan sukses bekerja sendiri. Tidak ada seorang pebisnis yang bisa melakukan sendiri one man show. Hanya dengan teamworklah sebuah bisnis bisa berjalan dan sukses.

NB: 
Keith Cunningham dan "Rich Dad" Robert Kyosaki mengatakan, "Segala sesuatu yang belum Anda ketahui mengakibatkan biaya besar, namun tidak semua yang Anda ketahui bisa dijadikan uang." Semoga mempelajari gejala, ciri-ciri, dan karakteristik seorang entrepreneur akan menambahkan harapan, energi, bahan bakar bagi Anda yang memiliki aspirasi untuk menjadi entrepreneur sejati. Kejarlah cita-cita yang lebih tinggi lagi, pencapaian yang lebih fantastis, dengan menambah ilmu, meningkatkan confidence, insight, serta determinasi dengan memiliki winning attitude seorang entrepreneur.











Karakter Pebisnis Karakter Pebisnis Reviewed by Jamaludin Aproni on November 07, 2009 Rating: 5

15 komentar:

  1. salam sahabat
    ehm kakRoni memaang T-O-P...bisa dibayangkan saya cocok karakter yg gimana ya..???he..he...ggod luck

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat bagus. Saya hanya menambahkan sedikit saja karakter pebisnis yang jarang di temukan tapi bisa membuat sukses yaitu Jujur dalam memasarkan servis maupun produk.

    BalasHapus
  3. kalo bsnis jujur jgn teralu ya wkwkwkw
    gak tembus ntar :)

    BalasHapus
  4. "Kemampuan berkomunikasi"

    sangat berguna dalam segala hal.
    banyak dampak yang bisa diambil dari sini.
    baik positif maupun negatif...

    Komunikasi bisa menciptakan suasana dimana kita bisa lebih mudah berbagi dan mendapatkan ilmu.

    Ilmu dapat dipetik dari mana saja. Bukan hanya dari pendidikan formal.

    BalasHapus
  5. He saya seh emang Pebisnis Ulung tg Bangkrut melulu he...

    BalasHapus
  6. mantaP kak Roni!membenahi team woRk yang ga beneR jg kadang susah wah..

    BalasHapus
  7. inovasi yang tinggi memerikan sebuah prosesor ide yang sangat kuat agar ide tidak terpaku dari satu sumber saja..

    BalasHapus
  8. top markotob.....informative posting ;)

    BalasHapus
  9. karakter dr seorang pebisnis biasanya dah dari bawaan sendiri

    BalasHapus
  10. mantap sob infonya..semoga kita bisa menjadi pebisnis sejati apalagi bisnis online..hrs ditambahin lagi tuh..JUJUR..terutama dalam memberikan testimonial..

    BalasHapus
  11. info yg sangat bermamfaat thx ya

    BalasHapus
  12. Rich Dad Poor Dad...buku yang bagus...implementasinya harus segera

    BalasHapus
  13. Rich Dad Poor Dad buku yang mengajarkan bagaimana si kaya berpikir tetang uang dan si miskin berpikir tentang masa depan

    BalasHapus
  14. mampir sambil baca2 tips nya sob

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.