recent posts

banner image

Kuadran Manakah Anda



Cashflow Quadrant....ya Cashflow Quadrant...beberapa tahun terakhir ini para marketing profesional dan mentor bisnis lokal dan global ramai membicarakan hal ini. Cashflow Quadrant adalah alur sumber keuangan atau darimana  keuangan anda berasal, apakah dari upah sebagai karyawan/buruh, apakah sebagai profesional atau sumber kuangan dari investasi anda !. 

Maaf mungkin tulisan ini sudah usang bagi yang pernah mendengarnya namun setidaknya saya mencoba menyegarkan kembali ingatan anda tentang Cashflow Quadrant. Beruntung sekali bagi anda yang baru membaca atau mendengar bahasan yang akan saya lanjutkan...sebentar lagi ...karena bisa jadi ini adalah pengetahuan baru bagi anda.

Bahasan ini diungkapkan oleh seorang milyuner, pembicara publik, pengusaha dan investor yang sukses, sekaligus penulis buku-buku laris, ROBERT KIYOSAKI. saya mencoba mengambil intisari dari buku-bukunya yang terkenal Rich Dad Poor Dad, Cashflow Quadrant, dan Rich Dad Guide to Investing. Ketiga buku ini secara berkaitan dapat menjelaskan dan memberikan gambaran tentang dua jalan kehidupan yaitu jalan menjadi profesional atau pemilik bisnis sendiri. Menurut Kiyosaki ada empat jenis alur keuangan individu yang berbeda  dan itulah apa yang disebutnya dengan Casflow Quadrant.

Kita masing-masing menempati sedikitnya satu dari empat bagian yang tergambar di bawah ini :



Tempat anda dalam kuadran tersebut ditentukan oleh sumber pemasukan keuangan anda. Kebanyakan orang indonesia mengandalkan slip gaji dan karenanya termasuk dalam kuadran Employee, sementara yang lain karena komptensinya yang tinggi dalam bidang tertentu dapat menghasilkan uang dari menjual jasa karena bakat atau kempetensi yang dimilikinya tersebut, seperti: dokter, pengacara, akuntan, aktor, aktris, ahli boga, pelawak dan sebagainya menempati kuadran Self-employed.(baca juga ini). 

Kedua kelompok orang yang menempati sisi kiri profesional (baik bagi perusahaan maupun bagi diri sendiri). Sedangkan sisi kanan Cashflow Quadrant adalah para individu yang menerima pemasukan keuangan dari bisnis mereka, Business owner, atau dari investasi yang mereka miliki, Investor.

Melalui tulisan ini anda dapat menentukan posisi anda sekarang dalam kuadran tersebut dan juga dapat memetakan arah untuk mencapai posisi yang diinginkan dimasa depan ketika memilih jalan menuju kebebasan finansial atau Financial Freedom

Anda dan saya berpotensi memperoleh penghasilan dari keempat kuadran tersebut. misalnya anda sebagai sebagai karyawan siang hari (kuadran E), dikala malamnya anda melakukan  profesi sebagai mentor internet marketing (kuadran S) nah anda sudah berada pada  dua kuadran yang berbeda. Atau mungkin anda seorang pegawai negeri sipil (kuadran E) disisi lain anda sebagai seorang investor di bursa saham atau pada perusahaan manufaktur atau real estate (kuadran I).
 




















Kuadran Manakah Anda Kuadran Manakah Anda Reviewed by Jamaludin Aproni on November 01, 2009 Rating: 5

10 komentar:

  1. makasih mas infonya
    keep post
    :D

    BalasHapus
  2. saya ikut Business owner kang, hehe...cz lagi bisnis di blog aja..hehe...
    ohya kang,ada popupnya tuh..saya tadi pernah gg bisa klik apa2 lho...aduuh,komentar saya yg pertama jadi gg bisa disubmit...hehe...

    BalasHapus
  3. maaf ya mas ardi segera saya perbaiki pop up nya

    BalasHapus
  4. salam sahabat
    ehm..bicara cashflow nich he,...he...oh iya kak Roni saya juga ikut club cashflow di honhkong kalo kak Roni mau coba add di fezbuk..thnxs ya...

    BalasHapus
  5. klo safa mau pilih di quadran ke 5, jadi istri saleha dunia akhirat..

    amin...

    BalasHapus
  6. saat ini saya masih E, tapi sudah sambil beralih ke B. setelah itu ingin I... Sukses deh....

    BalasHapus
  7. terima kasih atas supportnya
    salam sukses luar biasa cerdas

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.